Pentingnya Fasilitas Pendidikan untuk Menunjang Prestasi Siswa

Agar kegiatan belajar dan mengajar di suatu sekolah menjadi lancar, maka suatu sekolah perlu adanya fasilitas pendidikan. Fasilitas merupakan sarana dan prasarana yang digunakan untuk mempermudah sesuatu. Sarana merupakan segala sesuatu yang dapat digunakan untuk mencapai suatu tujuan. Di dalam sekolah sarana pendidikan digunakan untuk memudahkan guru dalam penyampaian materi dan memudahkan siswa dalam mempelajari materi pelajaran.

Contoh sarana yang ada di sekolah adalah buku, papan tulis, spidol, bangku, meja, komputer, LCD, dll. Sedangkan prasarana merupakan penunjang utama agar suatu kegiatan dapat terlaksana. Contoh prasarana di sekolah adalah ruang kelas, lapangan, perpustakaan, mushola, toilet, auditorium, tata usaha, dll. Mauling (2006:76) menyatakan “fasilitas biasanya dihubungkan dalam pemenuhan suatu prasarana umum yang terdapat dalam suatu perusahaan atau organisasi tertentu”. Sedangkan Wahyuningrum (2004: 4), menyatakan bahwa fasilitas adalah ‘‘segala sesuatu yang dapat memudahkan dan melancarkan pelaksanaan suatu usaha’’. Jadi, fasilitas pendidikan adalah segala macam alat untuk memudahkan guru dalam menyampaikan materi pelajaran. Sedangkan dari sisi siswa, fasilitas pendidikan adalah segala macam peralatan yang digunakan siswa agar materi pelajaran lebih mudah untuk dipelajari.

Suatu sekolah sudah semestinya meyediakan fasilitas pendidikan (sarana dan prasarana) yang memadai yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan siswa agar siswa dapat menumbuhkan dan mengembangkan dirinya sesuai dengan bakat dan kemampuannya. Dengan adanya fasilitas pendidikan yang lengkap dan memadai, akan menumbuhkan rasa bangga dan rasa memiliki terhadap siswa. Siswa jadi lebih semangat dan nyaman dalam menerima pelajaran, sehingga sangat berpengaruh terhadap prestasi siswa di sekolah.

Begitu juga dengan guru akan semakin mudah dalam menyampaikan pelajaran. Apabila fasilitas pendidikan (sarana dan prasarana) di sekolah tidak memadai, maka akan sulit tercapainya prestasi belajar siswa yang diharapkan. Pemeliharaan fasilitas pendidikan di sekolah adalah tanggung jawab semua pihak yang bersangkutan, baik guru, kepala sekolah, staff dan juga siswa. Hal ini bertujuan agar fasilitas pendidikan dapat dimanfaatkan sesuai dengan fungsinya dan dapat bertahan dengan jangka waktu yang lama. Pengadaan fasilitas pendidikan sangat penting bagi siswa dan kurikulum pada saat itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *