Pendidikan Luar Sekolah

Manusia terlahir sebagai makhluk sosial, oleh karenanya manusia membutuhkan proses sosialisasi dalam kehidupannya. Proses sosialisasi manusia diawali sejak manusia lahir hingga manusia dewasa. Dalam proses sosialisasi dibutuhkan agen-agen sosialisasi yang turut mempengaruhi pembentukan kepribadian manusia. Adapun agen-agen sosialisasi adalah sebagai berikut.

  1. Keluarga adalah pembentuk utama kepribadian manusia sejak manusia lahir hingga dewasa. Factor utama pembentuk kepribadian seorang anak yang paling utama dilakukan oleh orang tua.
  2. Teman sebaya. Teman sebaya adalah teman yang seumuran. Teman sebaya juga mempengruhi proses sosialisasi, dengan teman sebaya seorang anak dapat menirukan dan memperoleh hal-hal baru.
  3. Sekolah adalah tempat anak bersosialisasi. Di sekolah anak dapat bertemu guru, teman-teman dan berbagai macam ilmu pengetahuan. Sekolah mengajarkan anak, nilai dan norma. Di sekolah diajarkan pendidikan formal. Selain itu, manusia juga dapat memperoleh pendidikan melalui pendidikan luar sekolah.

Pendidikan adalah hal yang penting dalam perkembangan kepribadian dan proses sosialisasi manusia. Pendidikan tidak hanya pendidikan di sekolah saja. Namun, pendidikan juga dapat didapat dari pendidikan luar sekolah. Pendidikan luar sekolah atau disebut juga dengan pendidikan nonformal sedangkan pendidikan di sekolah adalah pendidikan formal.

Pendidikan luar sekolah dapat diperoleh dari pelatihan, kursus, diskusi, seminar ataupun workshop. Seiring perkembangan zaman, pendidikan luar sekolah dapat dilakukan melalui online atau kursus melalui internet. Perkembangan pendidikan luar sekolah semakin marak saat ini di Indonesia. Aturan dasar pendidikan luar sekolah adalah pendidikan yang diselenggarakan dengan sengaja, berencana, tertib dan dilakukan di luar proses persekolahan. Pendidikan luar sekolah disesuaikan dengan kondisi peserta didik. Pendidikan luar sekolah dapat berupa pendidikan masyarakat, olahraga dan pembinaan generasi muda.

Pendidikan luar sekolah memiliki banyak fungsi yang berkaitan dengan pendidikan sekolah dan berkaitan erat dengan dunia kerja serta pembentukan nilai dan norma yang ada dalam masyarakat. Fungsi pendidikan luar sekolah yang berkaitan erat dengan pendidikan sekolah adalah sebagai berikut.

  1. Sebagai substitusi pendidikan sekolah atau formal.
  2. Sebagai komplemen pendidikan sekolah atau formal.
  3. Sebagai suplemen pendidikan sekolah atau formal.

Pendidikan luar sekolah juga memiliki fungsi yang berkaitan erat dengan dunia kerja. Adapun fungsi pendidikan sekolah yang berkaitan erat dengan dunia kerja adalah pendidikan luar sekolah merupakan kegiatan yang menjembatani untuk masuk dalam dunia kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *